Posted by: yaniesbe | November 17, 2014

Minum kopi adalah budaya…

Tidak ada daerah di Indonesia yang kegemaran minum kopinya melebihi Aceh.
Jika anda sempat berkunjung ke Banda Aceh, lihatlah ramainya Kedai Kopi Solong di Jalan Ulee Kareng. Penikmat kopi ramai sejak pagi hingga malam hari.

Keramaian kedai kopi dapat dilihat hingga ke kota-kota kecil atau kabupaten seperti Meulaboh. Di Meulaboh, kota yg terletak sekitar 250 ke barat Banda Aceh ini, dijumpai kedai kopi yg juga selalu ramai. Kunjungi saja Kedai kopi Ulee Kareng dan Indaco coffee yang berlokasi di Jalan Manek Roo, atau Kedai Kopi Arab yang berlokasi di jalan Singgah Mata. Kedai-kedai ini masih ramai ketika waktu sudah menunjukkan jam 23.30.

Suasana Indaco Coffee yang ramai hingga tengah malam

Suasana Indaco Coffee yang ramai hingga tengah malam

Kedai Indaco Coffee seperti kedai lainnnya buka hinggga jam 2.00 dini hari, dan akan buka kembali pada jam 7.30 di pagi hari.

Setiap kedai kopi biasanya juga menjual mie Aceh, martabak, dan roti canai.

Sudut dapur Indaco Coffee, expresso coffee dihasilkan dari 2 mesin kopi di dapur ini

Sudut dapur Indaco Coffee, expresso coffee dihasilkan dari 2 mesin kopi di dapur ini

Pengunjung kedai kopi memperbincangkan segala hal, mulai dari politik, kondisi keamanan, melakukan browsing, membaca berita, atau bermain game online.
Jika pagi hari, akan tampak pengunjung menikmati kopi sambil membaca koran pagi, menonton berita, atau ditambah sepiring lontong sayur sebagai sarapan pagi.
Pendek kata, warung kopi seakan menjadi tempat berkumpul yang paling nyaman dan melakukan semua kegiatan informal lainnya. Dan ini terlihat disetiap jalan-jalan utama baik di Banda Aceh atau kabupaten/kota lainnya.
Suasana seperti inilah yang membentuk gambaran budaya masyarakat Aceh yang gemar meminum kopi.

Etalase makanan lain yang tersedia di kedai kopi

Etalase makanan lain yang tersedia di kedai kopi

Anda bisa menikmati bermacam menu kopi seperti expresso, kopi pancung (kopi saring/kopi setengah), cappucino, coffee latte, atau minuman yang malah tidak ada hubungannya dengan kopi seperti jus buah atau teh tarik (teh bercampur susu).

Kedai Kopi Arab termasuk kedai ramai lainnya yg terletak di jalan Singgah Mata. Kedai kopi ini cukup besar dengan seratusan tempat duduk. Berfasilitas Wifi dan tentu TV yg selalu menyiarkan siaran langsung sepak bola pada malam hari.

Suasana di Kedai Kopi Arab, Jalan Singgah Mata

Suasana di Kedai Kopi Arab, Jalan Singgah Mata

Indaco Coffee termasuk kedai baru, reputasi Indaco Coffee yang membuat kedai ini ramai sejak dibuka bulan September 2014 lalu. Sehari bisa terjual lebih 200 cangkir di kedai ini.

image

Cobalah mampir ke toko penjual bijih kopi untuk jadi bahan oleh-oleh, dan nikmatilah bagaimana sedapnya kopi Aceh di rumah Anda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: