Posted by: yaniesbe | January 7, 2014

Kolam Koi

Banyak penggemar koi pemula (termasuk saya pada awalnya) bingung saat akan membuat kolam koi.

Koi termasuk ikan yang gampang stress, sehingga penggemar koi serius, melakukan segala upaya untuk membuat kolam koi mendekati habitat aslinya (di Niigata) di Jepang.

Berapa dimensi minimum kolam koi agar ia bisa tumbuh optimum..? Memang tidak ada ukuran pasti untuk menentukan ukuran (volume) kolam koi. Pada prinsipnya semakin luas dan lebar dimensi kolam, maka koi (dengan genetika) yang baik, akan semakin optimum tumbuhnya.

Beberapa penggemar koi menyatakan, bahwa dimensi 3m x 2m x 1.5m (Panjang x Lebar x Tinggi) adalah dimensi minimum untuk kolam koi agar tumbuh optimum. Diminsi ini belum termasuk volume filter.

Perlu diketahui, bahwa ada 3 hal sebenarnya yang menentukan tercapainya pertumbuhan optimum koi, yaitu air (kolam), genetika, dan feeding (pemberian makan). Anakan koi (tosai) yang lahir dari indukan yang belum dewasa (pendek dan kurus) tidak akan menghasilkan koi yang jumbo. Karena itu, mengetahui bloodline asal usul indukannya kemudian menjadi penting.

Mengapa kedalaman minimum 1,5m ? Kedalaman 1.5m dianggap cukup untuk mengantisipasi perubahan temperatur pada siang hari (ikan berada pada dasar kolam untuk menghindari terik sinar matahari).

Tidak sedikit hobbiest membangun kolam dengan ukuran yang sangat besar, semuanya bertujuan untuk mencapai koi tumbuh optimum dan berharap mendapatkan warna koi yang menarik. Semakin besar kolam, tentu akan makin besar biaya yang harus dikeluarkan. Baik untuk perawatannya, untuk penggantian air (backwash), atau untuk konsumsi listriknya.

Semua tergantung budget kantong anda….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: